LAMBANG POPMASEPI

Lambang POPMASEPI bernama PADMAKSATRIA, yang berarti bunga ksatria dengan bentuk sebagai berikut:

Pusat lambang berupa surya atau matahari yang berlubang dan memancarkan sinar. Warna sinar dan surya kuning emas.

Di sekitar lubang di tengah surya terdapat dua bentuk lingkaran. Lingkaran terdiri atas huruf-huruf yang berbunyi POPMASEPI yaitu Perhimpunan Organisasi Profesi Mahasiswa Sosial Ekonomi Pertanian Indonesia. Kedua lingkaran tersebut bersusun sehingga menyerupai surya kembar.

Pusat lambang dilingkupi oleh lima daun teratai yang berwarna biru keunguan.

 

Lambang POPMASEPI memiliki makna sebagai berikut:

  1. Surya dengan warna kuning emas melambangkan bahwa POPMASEPI merupakan organisasi yang berkharisma, memancarkan keilmuan, mendasarkan diri pada realitas dan kebajikan yang pantas diteladani.
  2. Dua bentuk lingkaran bersusun yang melingkari lubang titik pusat lambang, pada lingkaran luar terdapat tulisan yang berbunyi Perhimpunan Organisasi Profesi Mahasiswa Sosial Ekonomi Pertanian Indonesia, sedangkan lingkaran dalam terdapat tulisan POPMASEPI. Lingkaran yang tersusun atas delapan kata melambangkan angka 8 (delapan), sedangkan surya kembar melambangkan angka 2 (dua). Sehingga surya kembar dan tulisan Perhimpunan Organisasi Mahasiswa Sosial Ekonomi Pertanian Indonesia mengandung makna angka 28 yang merupakan tanggal berdirinya POPMASEPI (tanggal ditandatanganinya Deklarasi POPMASEPI).
  3. Titik pusat surya berlubang atau surya binolong. Binolong melambangkan angka 9 (sembilan) yang merupakan bulan berdirinya POPMASEPI, yaitu bulan September.
  4. Warna kuning surya dilingkupi oleh warna biru daun teratai. Warna kuning melambangkan sifat kemurnian, sedangkan warna biru melambangkan keluhuran. Perpaduan warna kuning dan biru merupakan sengkalan memet yang berbunyi “Luhuring Kusuma Hanggatra Praja”. Kata “luhuring” melambangkan angka 0 (nol), “kusuma” melambangkan angka 9 (sembilan), “hanggatra” melambangkan angka 9 (sembilan) dan “praja” melambangkan angka 1(satu). Angka tersebut dibaca dari belakang merupakan angka tahun berdirinya POPMASEPI, yaitu tahun 1990. Sedangkan “Surya Sengkala Luhuring Kusuma Hanggatra Praja” pada hakekatnya berarti keluhuran seorang ksatria yang ditunjukkan oleh kemauan/karsa dan kemampuannya dalam membangun negaranya.
  5. Daun teratai berjumlah lima (menghadap ke atas) yang melingkupi surya dan tulisan PERHIMPUNAN ORGANISASI PROFESI SOSIAL EKONOMI PERTANIAN INDONESIA melambangkan sifat bahwa anggota POPMASEPI selalu berjuang keras untuk menjadi seorang pemimpin dalam lingkungan dan keadaan bagaimanapun. Dalam keadaan apapun, daun teratai selalu berada di atas permukaan air dan akar teratai menancap kuat pada dasar tempat tumbuhnya. Hal ini melambangkan POPMASEPI berorientasi dan berjiwa kerakyatan dan berjuang untuk menyalurkan aspirasi rakyat hingga sampai ke atas dengan dilandasi oleh nilai-nilai luhur Pancasila.
  6. Makna keseluruhan dari lambang POPMASEPI tersebut mencitrakan bahwa POPMASEPI memiliki sifat dasar dan tujuan yang luhur, berjiwa kerakyatan, berorientasi pada keilmuan, memiliki jiwa kepeloporan untuk mewujudkan cita-cita bangsa.