Ide pendirian POPMASEPI diawali dari pembicaraan informal di antara peserta seminar di Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, yang akhirnya menyepakati diadakannya pertemuan untuk membentuk suatu Organisasi Mahasiswa Sosial Ekonomi Pertanian tingkat Nasional. Sebagai tindak lanjutnya adalah diadakannya Temu Nasional Himpunan Mahasiswa Sosial Ekonomi Pertanian se-Indonesia yang diselenggarakan oleh HIMASETA Fakultas Pertanian UNS Surakarta pada tanggal 22-23 Mei 1990. Presidium Temu Nasional tersebut adalah Universitas Hasanuddin (Andi Hatta Tajang), Universitas Gadjah Mada (Jangkung Handoyo Mulyo), dan Institut Pertanian Bogor (Sunardi).

Acara ini dihadiri oleh utusan dari 12 institusi, yaitu :    

  1. Keluarga Mahasiswa Sosial Ekonomi Pertanian UGM
  2. Himpunan Mahasiswa Sosial Ekonomi Pertanian UNEJ
  3. Mahasiswa Peminat Sosial Ekonomi Pertanian UNHAS
  4. Himpunan Mahasiswa Sosio Agro Ekonomika UNSOED
  5. Himpunan Mahasiswa Sosial Ekonomi Pertanian UNIBRAW
  6. Himpunan Mahasiswa Sosial Ekonomi Pertanian UNPAD
  7. Himpunan Mahasiswa Sosial Ekonomi Pertanian INSTIPER
  8. Himpunan Mahasiswa Sosial Ekonomi Pertanian UPN Yogyakarta
  9. Himpunan Mahasiswa Sosial Ekonomi Pertanian UNUD
  10. Himpunan Mahasiswa Sosial Ekonomi Pertanian UNS
  11. Mahasiswa Peminat Ilmu-Ilmu Sosial Ekonomi Pertanian IPB
  12. Senat Mahasiswa Universitas Pattimura

Dalam Temu Nasional tersebut telah diupayakan pembentukan suatu organisasi profesi Mahasiswa Sosial Ekonomi Pertanian tingkat nasional, yaitu penetapan tata tertib sidang dan rekomendasi penyelenggaraan Musyawarah Nasional I Organisasi Profesi Mahasiswa Sosial Ekonomi Pertanian (MUNAS I POPMASEPI).

Penyelenggara Seminar dan Munas I adalah 11 organisasi profesi mahasiswa sosial ekonomi pertanian kecuali UNPATTI. Pertemuan Nasional yang diselenggarakan oleh Keluarga Mahasiswa Sosial Ekonomi pertanian (KMSEP) Universitas Gadjah Mada yang dihadiri oleh 30 utusan organisasi profesi mahasiswa sosial ekonomi pertanian se-Indonesia.    

POPMASEPI atau Association of Indonesian Students of Agricultural Socio-Economics Organization berdiri secara de jure tanggal 28 September 1990, yaitu sejak ditandatanganinya Deklarasi POPMASEPI. Munas I POPMASEPI berhasil merumuskan 12 ketetapan tentang:         

  1. Presidium Munas I POPMASEPI
  2. Tata Tertib Persidangan Munas I POPMASEPI
  3. Deklarasi pendirian POPMASEPI
  4. Anggaran Dasar POPMASEPI
  5. Anggaran Rumah Tangga POPMASEPI
  6. Garis-garis Besar Haluan Organisasi POPMASEPI
  7. Rekomendasi Umum
  8. Ketua Umum DPP POPMASEPI masa bakti 1990-1992
  9. Formatur pemilihan pengurus DPP POPMASEPI masa bakti 1990-1992
  10. Susunan pengurus DPP POPMASEPI masa bakti 1990-1992
  11. Ketua Umum MPA POPMASEPI masa bakti 1990-1992
  12. Formatur pemilihan pengurus MPA POPMASEPI masa bakti 1990-1992

Pada masa bakti 1990-1992 terpilih sebagai Ketua Umum DPP POPMASEPI adalah Universitas Gadjah Mada (Keluarga Mahasiswa Sosial Ekonomi Pertanian) atas nama Jangkung Handoyo Mulyo dan Ketua Umum MPA POPMASEPI adalah Institut Pertanian Bogor (Mahasiswa Peminat Ilmu-Ilmu Sosial Ekonomi Pertanian) atas nama Sunardi. Dalam Munas I tersebut diputuskan bahwa penyelenggaraan Musyawarah Kerja Nasional I (Mukernas I) POPMASEPI adalah Himpunan Mahasiwa Sosio Agro Ekonomika UNSOED, Purwokerto dan penyelenggara Munas II adalah Himpunan Mahasiswa Sosial Ekonomi Pertanian UMI, Ujung Pandang